Senin, 06 November 2023
PENTINGNYA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR👐💁👐
By : Rahmat Satria Adiguna
Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting di Indonesia seperti yang tercantum pada Sumpah Pemuda yang ketiga yaitu Kami Putra-Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dikembangkan dari bahasa melayu. Bahasa merupakan identitas yang digunakan sebagai alat berkomunikasi antar individu. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan. Bahasa mempermudah kegiatan berkomunikasi dan segala aktifitas kita sebagai makhluk sosial. Makhluk yang tidak bisa hidup sendiri tentunya tidak bisa lepas dai yang namanya Komunikasi. Komunikasi merupakan kegiatan yang dilakukan baik melalui lisan maupun verbal dengan tujuan memahami maksud dari informasi yang disampaikan orang lain.
- Pentingnya penggunaan bahasa yang baik dan benar sebagai Mahasiswa dan Guru
Sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya kita menghargai Tanah Air, salah satunya menggunakan bahasa yang baik dan benar. Bahasa Indonesia yang tepat merupakan bahasa yang sesuai dengan aturan yang ada pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Dalam lingkup pendidikan mahasiswa memiliki peran untuk menggunakan bahasa Indonesia yang tepat untuk mengajak warga lain untuk menerapkannya.
Bahasa Indonesia memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa salah satunya dalam penulisan Artikel Ilmiah, makalah, maupun tugas akhir. Kaidah penulisan yang digunakan haruslah sesuai dan tidak menyimpang dari PUEBI. Kaidah bahasa adalah peraturan dalam penggunaan bahasa indonesia, bunyi, dan pengucapannya. Contoh Kaidah Bahasa Indonesia dalam penulisan ini adalah menggunakan huruf kapital diawal kalimat. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, memiliki peran yang sangat penting dalam menyebarluaskan pemakaian Bahasa Indonesia yang tepat dan kemudian diturunkan kepada keturunan-keturunan selanjutnya.
Tidak jarang juga para sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya kita menghargai Tanah Air, salah satunya menggunakan bahasa yang baik dan benar. Bahasa Indonesia yang tepat merupakan bahasa yang sesuai dengan aturan yang ada pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Dalam lingkup pendidikan mahasiswa memiliki peran untuk menggunakan bahasa Indonesia yang tepat untuk mengajak warga lain untuk menerapkannya.
Bahasa Indonesia memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa salah satunya dalam penulisan Artikel Ilmiah, makalah, maupun tugas akhir. Kaidah penulisan yang digunakan haruslah sesuai dan tidak menyimpang dari PUEBI. Kaidah bahasa adalah peraturan dalam penggunaan bahasa indonesia, bunyi, dan pengucapannya. Contoh Kaidah Bahasa Indonesia dalam penulisan ini adalah menggunakan huruf kapital diawal kalimat. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, memiliki peran yang sangat penting dalam menyebarluaskan pemakaian Bahasa Indonesia yang tepat dan kemudian diturunkan kepada keturunan-keturunan selanjutnya.uru saat melakukan pembelajaran justru menggunakan bahasa daerah disekitar lingkungan sekolah tersebut. Terkadang mereka beralasan menggunakan bahasa daerah karena memang sudah terbiasa dan agar bisa lebih dekat dengan para siswa. Meskipun kalau dilihat dari sisi keefektifan pembelajaran semua siswa paham apa yang dijelaskan oleh guru itu tidak ada masalah. Namun hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang kurang baik sebab saat penggunaan bahasa daerah secara terus-menerus dapat menyebabkan keasingan dari bahasa Indonesia sendiri yang semestinya menjadi bahasa nasional dan persatuan dari bangsa kita. Maka dari itu sebagai guru kita sebaiknya melakukan pengimplementasian bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pembelajaran agar bahasa Indonesia ini bisa terus terjamin keberadaannya dalam lingkup masyarakat, tentunya juga agar tidak tergerus oleh bahasa asing lainnya di era kemajuan iptek yang sangat pesat ini. Meskipun disamping juga kita harus melestarikan bahasa daerah kita. Untuk itu sebagai guru harus bisa membiasakan para siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam hal komunikasi maupun yang lainnya.
Jika bukan kita yang menjaga bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan kita agar tetap terus terjaga eksistensinya diranah masyarakat maupun lainnya lalu siapa lagi.
- Dampak Positif dan Negatif Penggunaan bahasa yang baik dan benar sebagai mahasiswa dan Guru
Dampak Positifa. Bertambahnya kosakata Bahasa Indonesia
b. Peserta didik lebih percaya diri apabila mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada saat pembelajaran.
c. Peserta didik berani mengungkapkan suatu pendapat dan bertanya dengan menggunakan bahasa Indonesia apabila peserta didik mampu berbahasa.
f. Manfaat dari Bahasa Indonesia merupakan identitas masyarakta Indonesia dan ciri khas dari Negara Indonesia itu sendiri.
g. Menimbulkan keakraban dalam berkomunikasi.
h. Sebagai alat pemersatu antar budaya dan bangsa
Dampak Negatif
Ketakutan akan membuat kesalahan dalam berbicara atau menulis bahasa yang benar dapat membuat mahasiswa dan guru merasa enggan untuk berpartisipasi dalam diskusi atau presentasi Ini dapat menghambat pengembangan keterampilan komunikasi.
Mahasiswa yang merasa kurang mampu dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar mungkin merasa inferior atau kurang percaya diri dalam lingkungan akademik. Hal ini dapat mempengaruhi motivasi mereka untuk belajar.
Terlalu menekankan bahasa yang benar secara ketat dapat mengabaikan beragam budaya dan dialek Hal ini dapat menyebabkan diskriminasi linguistik terhadap individu atau kelompok yang menggunakan varian bahasa yang berbeda.
Guru dan mahasiswa yang terlalu fokus pada kesalahan bahasa mungkin mengalami tekanan tambahan untuk menjaga kualitas bahasa mereka, yang bisa menjadi beban mental.
- Guru adalah agen Penggerak Perubahan
Sebagai agen perubahan, guru pun harus bisa mengubah mindset mereka, bahwa guru tidak hanya berusaha mentransfer ilmu, menyalin dan memindahkan pengetahuan kepada siswa, tanpa memahami hal yang bisa membawa perubahan positif kepada diri siswa tersebut. Guru tidak hanya pintar, jika seorang guru dituntut hanya pintar, google jauh lebih pintar. Namun, seorang guru adalah agen perubahan yang seharusnya mampu membawa seorang individu menjadi manusia yang berkarakter positif.
Satu guru dengan yang lainnya dapat melakukan diskusi dalam kelompok kecil. Mereka dapat saling bertukar pikiran, berkolaborasi, menggunakan waktu seefisien mungkin, dan saling memiliki kesempatan untuk berlatih menjadi pemimpin di kelompoknya. Guru adalah garda terdepan dalam dunia pendidikan. Guru harus mampu merubah diri sendiri maupun orang lain (peserta didik, orangtua, dan masyarakat) untuk menjadi lebih baik. Guru tidak hanya berusaha mentransfer ilmu, menyalin, dan memindahkan pengetahuan kepada siswa tetapi juga memahami apa yang bisa membawa perubahan positif pada diri siswa tersebut.
- Pentingnya Pemilihan model atau teknik dan metode yang tepat dalam pembelajaran (Membaca, Menulis, Menyimak dan Berbicara di Kelas Rendah)
Pembelajaran Bahasa Indonesia tentunya tidak biasa-biasa saja bahkan bisa dibilang cukup sulit karena setiap siswa memiliki pengalaman yang berbeda. Misalnya siswa diminta menulis sebuah cerita tentang mainan kesenangan. Sebelumnya anak tentunya telah memiliki bekal pelajaran menulis permulaan di kelas rendah.
Pembelajaran dengan berbagai teknik, metode, dan pendekatan yang akan memudahkan siswa memahami apa yang sedang dipelajari harus selalu diutamakan guru. Metode pembelajaran bahasa Membaca Permulaan di kelas rendah adalah sebagai berikut.
1. Metode Eja/Abjad Metode ini merupakan metode yang sudah sangat tua. Pelajaran pertama dimulai dengan pengenalan abjad “a”, “be”, “ce”, “de”, dan seterusnya. Guru sering mengajarkannya melalui lagu ABC. Lagu ini ada dalam berbagai bahasa setelah siswa menguasai huruf-huruf itu. Guru merangkai huruf - huruf konsonan dengan huruf vokal menjadi suku kata. Suku-suku kata dirangkai menjadi kata, dan kata - kata dirangkaikan menjadi kalimat.
2. Metode Bunyi Metode ini juga merupakan metode yang sudah sangat tua. Pelaksanaannya hampir sama dengan metode abjad. Namun, huruf - huruf tidak disebut dengan nama abjadnya, melainkan nama bunyinya. Jadi, huruf “m” tidak diucapkan sebagai [ɛm] atau [ɚm] melainkan [m]. Bunyi - bunyi konsonan dirangkai dengan bunyi vokal sehingga membentuk suku kata. Suku kata dirangkai menjadi kata, dan akhirnya kata - kata dirangkai menjadi kalimat. Baik metode abjad maupun metode bunyi sering menggunakan kata - kata lepas untuk latihan membaca. ma – ma ru – sa
3. Metode suku kata dan metode kata Metode ini diawali dengan pengenalan suku kata,seperti ba, bi, bu, be, bo, ca, ci, cu, ce, co, dan seterusnya. Suku kata tersebut kemudian dirangkaikan menjadi kata-kata bermakna.
4. Metode Global memiliki arti secara utuh atau bulat. Yang disajikan pertama kali dalam metode global kepada murid adalah kalimat seutuhnya. Kalimat tersebut dituliskan di bawah gambar yang sesuai dengan isi kalimatnya. Gambar itu ditujukkan untuk mengingatkan siswa kepada kalimat yang ada di bawahnya. Setelah berkali - kali membaca, murid dapat membaca kalimat - kalimat itu secara global tanpa gambar.
Teknik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Teknik adalah aktivitas tertentu yang diterapkan di dalam kelas yang sesuai dengan metode dan sesuai pula dengan pendekatan. Teknik bersifat implementasional sebab teknik merupakan implementasi perencanaan pengajaran di depan kelas atau aplikasi dari metode di dalam pembelajaran. Teknik pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan bahan ajar yang telah disusun (dalam metode), berdasarkan pendekatan yang dianut.
Teknik pembelajaran menyimak
a. Simak-ulang ucap. Teknik simak – ulang ucap biasanya digunakan dalam melatih siswa melafalkan dengan tepat unit - unit bahasa mulai dari unit terkecil sampai unit terbesar misalnya fonem, kata, kelompok kata, kalimat, dan paragraf atau wacana pendek. Model ucapan yang akan diperdengarkan dan tiru oleh siswa harus dipersiapkan secara cermat oleh guru. Bila memungkinkan guru dapat merekam model itu dalam pita rekaman.
b. Simak-tulis (dikte) Teknik simak – tulis dikenal juga dengan dikte. Latihan dikte menuntut keseriusan siswa seperti memusatkan perhatian, mengenali fonem, tanda - tanda baca, penulisan huruf besar, membedakan ujaran langsung dan tak langsung, memperhatikan permulaan atau akhir paragraf dsb.
c. Simak-kerjakan Teknik simak-kerjakan dalam pengajaran menyimak digunakan dalam memperkenalkan dan membiasakan siswa akan suruhan atau perintah. Biasanya suruhan atau perintah itu tersirat dalam kata kerja dasar, kata kerja berakhiran –kan, -i, atau –lah. Model suruhan atau perintah dipersiapkan oleh guru lalu disampaikan secara lisan kepada siswa.
d. Simak-terka Dalam teknik simak-terka, guru menyiapkan deskripsi suatu benda tanpa menyebutkan nama bendanya. Deskripsi tersebut disampaikan secara lisan kepada siswa, kemudia siswa diminta menerka nama benda itu.
e. Memperluas kalimat Guru mengucapkan kalimat sederhana. Siswa menirukan ucapan guru. Guru mengucapkan kata atau kelompok kata. Siswa menirukan ucapan guru. Selanjutnya siswa disuruh menghubungkan ucapan yang pertama dan kedua sekaligus, sehingga menjadi kalimat yang Panjang.
Teknik pembelajaran berbicara
a. Ulang-ucap Teknik ulang ucap menggunakan suara guru atau rekaman suara guru sebagai sumber belajar siswa. Model pengucapan yang di ucapkan guru atau rekaman yang diperdengarkan kepada siswa harus dipersiapkan dengan teliti. Suara yang digunakan harus jelas, intonasi cepat, dan kecepatan berbicara normal. Siswa diminta untuk mendengarkan dengan teliti lalu mengucapkan kembali sesuai dengan model.
b. Lihat-ucapkan. Teknik lihat-ucapkan menggunakan sebuah objek atau benda sebagai sumber belajar siswa. Guru memperlihatkan kepada siswa benda tertentu
kemudian siswa menyebutkan nama benda tersebut, benda - benda yang diperlihatkan disesuaikan dengan lingkungan siswa
- Pentingnya Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk tingkat Sekolah Dasar (SD)
Bahasa Indonesia harus dipelajari, dikembangkan, dan di optimalkan penggunaannya maupun fungsinya. Melalui mata pelajaran bahasa Indonesia diharapkan tumbuh sikap bangga dalam menggunakan bahasa Indonesia sehingga akan tumbuh juga kesadaran akan pentingnya nilai-nilai yang terkandung di dalam bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang wajib diberikan dari jenjang sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.
Untuk meningkatkan mutu dalam penggunaan bahasa Indonesia, pengajarannya dilakukan mulai sejak dini, yakni mulai dari sekolah dasar yang nantinya digunakan sebagai landasan atau dasar pendidikan ke dalam jenjang yang lebih tinggi. Penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat diketahui dari keterampilan berbahasa yang terdiri dari ketrampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan dapat disimpulkan bahwa penguasaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat diketahui dari keterampilan yang dimiliki seseorang dalam aspek membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Setiap ketrampilan dalam bahasa mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lainnya.
Sangat bagus materinya
BalasHapusMaterinya sangat bagus
BalasHapusSangat menarik.dan kreatif isii pembahasan sangat mudah dipahami
BalasHapusGood job
BalasHapusMaterinya baguss
BalasHapusBagus bang materinya mudah dimengerti.
BalasHapusMantap materinya sangat mudah dan dipahami🔥
BalasHapusMatrrinya mudah di pahami.mantapppp
BalasHapusMateri yang disampaikan bermanfaat dan mengedukasi
BalasHapusMaterinya sangat bagus dan rapi
BalasHapusMaterinya mudah di pahami, good job👍🏻
BalasHapusMateri yg diinginkan sudah mencakup semuanya:)
BalasHapusMANTAPPPPP🔥 materi mudah difahami, dan dimengerti next karya selanjutnya teman.
BalasHapusMateri sangat lengkap
BalasHapusNice good literasi sangat membantu untuk pengetahuan
BalasHapusBaguss materinya kamu mudah di mengerti
BalasHapusPembahasan materi yang dapat menginpirasi. Semoga bermanfaat
BalasHapusBagus materinya dan mudah dimengerti 👍
BalasHapusMaterinya bagus dan mudah untuk dipahami
BalasHapusmaterinya sangat bagus dan mudah dipahami
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBagus ini materinya semangat terus kak 👍
BalasHapusBagus materinya
BalasHapussemangat berkarya
BalasHapusMaterinya bagus dan menarik
BalasHapusSemangatt.. ditunggu karya selanjutnya
BalasHapusMateri yang bagus dan mudah di pahami
BalasHapusMantap. Materinya sangat bermanfaat dan menarik
BalasHapusMasyaaAllah, terimakasih untuk ilmunya bang... Alhamdulillah mudah dipahami
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmaterinya sangat bagus dan mengedukasi
BalasHapus